FAQ

QApakah aplikasi Whistleblowing System (WBS) Kementerian Pariwisata ini?

A: Aplikasi Whistleblowing System (WBS) aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Pariwisata bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Kementerian Pariwisata.

QApakah kode referensi itu dan apa yang harus saya lakukan terhadap kode ini?
A: Kode referensi adalah kode yang dapat digunakan sebagai identitas pelapor dalam melakukan komunikasi tidak langsung antara pihak pelapor dengan pengelola WBS yang didapatkan setelah pelapor menyampaikan laporan pelanggaran melalui aplikasi ini.
Anda dapat menyampaikan informasi tambahan terkait laporan Anda lewat berbagai media/saluran dengan menyebutkan kode ini.

QApakah pengaduan yang saya berikan akan selalu mendapatkan respon?
A:Pengaduan yang anda berikan akan direspon dan tercantum dalam aplikasi WBS ini dan akan terupdate secara otomatis sesuai dengan respon yang telah diberikan oleh pihak penerima pengaduan.  Untuk dapat melihat respon yang diberikan, anda harus login terlebih dahulu dengan username yang telah anda registrasikan di aplikasi ini dan anda dapat melihat status pengaduan dalam dashboard halaman WBS Anda. Sebagai catatan, pengaduan anda akan lebih mudah ditindaklanjuti apabila memenuhi unsur pengaduan. Hal Lebih lanjut/lengkap terkait dengan unsur pengaduan dapat dilihat disini.

QApakah kerahasiaan identitas saya sebagai pengadu/pelapor terjaga?
A: Kerahasiaan identitas anda sebagai pelapor akan terjaga. Namun agar kerahasiaan identitas anda dapat lebih terjaga sebaiknya anda memperhatikan hal-hal sebagaimana disebutkan disini.

QApakah setiap melakukan pengaduan harus membuat dan register username baru?
A: Hal tersebut tidak perlu dilakukan. Satu username dapat melakukan pengaduan lebih dari satu. Ketika setelah selesai membuat satu pengaduan, anda dapat membuat pengaduan terkait dengan dugaan pelanggaran dan/atau ketidakpuasan terhadap pelayanan yang diberikan lainnya dengan mengklik tombol "Lapor". Masing-masing pengaduan akan mendapatkan kode referensi yang berbeda.